Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN MENJADI KORBAN CYBERBULLYING DENGAN PRESTASI AKADEMIK DI SMP N 5 KECAMATAN TANAH PUTIH (ROKAN HILIR)

Muhamad Arief, - (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN MENJADI KORBAN CYBERBULLYING DENGAN PRESTASI AKADEMIK DI SMP N 5 KECAMATAN TANAH PUTIH (ROKAN HILIR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (17MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA PENGALAMAN MENJADI KORBAN CYBERBULLYING DENGAN PRESTASI AKADEMIK DI SMP N 5 KECAMATAN TANAH PUTIH (ROKAN HILIR) Oleh: Muhamad Arief Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Prestasi akademik merupakan besarnya penguasaan bahan pelajaran yang telah dicapai siswa/siswi yang diwujudkan berupa nilai dalam bentuk angka yaitu melalui raport. Penelitian ini bertujuan mengkaji secara ilmiah hubungan antara pengalaman menjadi korban cyberbullying dengan prestasi akademik siswa/siswi di SMP N 5 Tanah Putih (Rokan Hilir). Sampel penelitian adalah 60 siswa/siswi SMP N 5 Tanah Putih (Rokan Hilir). Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan nilai raport siswa/siswi SMP N 5 Tanah Putih (Rokan Hilir) yaitu di kategori baik sekali dengan nilai raport 90-100 dengan frekuensi 4 orang siswa/siswi yang dipersentasekan sebesar 7%, kategori baik dengan nilai raport 80-90 dengan frekuensi 52 orang siswa/siswi yang dipersentasekan sebesar 86% dan kategori cukup dengan nilai raport 70-80 dengan frekuensi 4 orang siswa/siswi yang dipersentasekan sebesar 7%.. Skala cyberbullying yang disusun berdasarkan teori dari (Willard 2005) dengan koefisien reliabilitas 0,875 dan daya diskriminasi aitem berkisar antara 0,273-0,753. Hasil analisis didapatkan menggunkan analisis product moment diperoleh koefisien korelasi R= -0,372, F=10,387 dan signifikan 0,003 (p ≤0,05. Hasil terdapat hubungan negatif antara pengalaman menjadi korban cyberbullying dengan prestasi akademik. Artinya bahwa siswa/siswi dengan pengalaman menjadi korban cyberbullying yang tinggi maka siswa/siswi tersebut memiliki prestasi akademik yang rendah. Hal ini berarti hipotesis yang diajukan peneliti diterima. Kata Kunci: Cyberbullying, Prestasi Akademik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 23 Jul 2020 06:41
Last Modified: 23 Jul 2020 06:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/28260

Actions (login required)

View Item View Item