Viya Desvyana Putri (2016) POLA MANAJEMEN REDAKSI HARIAN UMUM PEKANBARU POS DALAM MENGHASILKAN BERITA YANG BERKUALITAS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (276kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
|
Text
BAB VI.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (255kB) | Preview |
Abstract
Surat Kabar Harian Umum Pekanbaru Pos merupakan surat kabar di bawah naungan Riau Pos Group (RPG) yang sebelumnya bernama tabloid Utusan (1998) dan pada tanggal 1 Juni 2000 nama Tabloid Utusan diubah menjadi Surat Kabar Harian Umum Pekanbaru Pos oleh manajemen perusahaan. Penelitian ini dilakukan di Gedung Graha Pena Riau Lantai 6, Jalan HR Soebrantas, Km 10,5 Panam, Pekanbaru, Riau. Ketertarikan penulis melakukan penelitian ini bahwa pada era reformasi yang ditandai dengan maraknya media massa sebagai sarana komunikasi massa dan alat pembentuk opini publik, sangatlah membantu dalam kehidupan manusia untuk saling bertukar pikiran, berbagi pengalaman, dan informasi dalam volume yang relatif besar. Peneliti menitikberatkan pada media massa cetak berbentuk surat kabar, khususnya Surat Kabar Harian Umum Pekanbaru Pos yang merupakan salah satu dari sekian pers lokal yang terbit di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pola kerja manajemen redaksi Harian Umum Pekanbaru Pos dalam menghasilkan berita berkualitas. Pola manajemen redaksi dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan yang dilakukan Harian Umum Pekanbaru Pos guna berita berkualitas yang dihasilkan tercapai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan sumber data primer yang diperoleh dari wawancara penulis dengan Pemimpin Redaksi, Redaktur Pelaksana, Koordinator Liputan dan Wartawan. Sedangkan data sekunder yang diperoleh dari dokumentasi arsip-arsip yang berhubungan dengan hal yang diteliti di Harian Umum Pekanbaru Pos. Hasil penelitian ini adalah bahwa pola manajemen redaksi Harian Umum Pekanbaru Pos dalam menghasilkan berita yang berkualitas melalui proses perencanaan dan manajemen yang dilakukan dengan menetapkan tindakan rencana kerja, mempersiapkan topik berita headline news, menentukan sasaran, melakukan fungsi pengorganisasian, melakukan proses penggerakan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, mencari dan mengolah data yang sesuai dengan kaidah berita berkualitas, serta melakukan pengawasan. Kata Kunci : Manajemen Redaksi, Berita Berkualitas, Pekanbaru Pos
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 24 Feb 2016 07:15 |
Last Modified: | 24 Feb 2016 07:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2665 |
Actions (login required)
View Item |