Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 PEKANBARU

Siti Nurul Khasanah, - (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
SKRIPSI FULL TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Nurul Khasanah, (2019): Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dan desain yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling karena sampel dipilih melalui pertimbangan - pertimbangan tertentu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran project based learning dan motivasi belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis untuk menguji hipotesis menggunakan tes “t”. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar siswa. Dibuktikan dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil posttest kedua kelas dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 70,93 lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 65,94 dan nilai tes “t” sebesar 12,052 dan nilai signifikasi sebesar 0,0 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05. Kata Kunci: Pembelajaran Project Based Learning, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:35
Last Modified: 29 Jan 2020 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25618

Actions (login required)

View Item View Item