Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KAMPAR

RISKA AMALIA, - (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Kampar. Dengan dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa sedangkan objeknya adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru ekonomi dan seluruh siswa kelas XI IPS, sebanyak 44 orang siswa yang terbagi dalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-tes. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi. Hal ini terlihat dari uji t-tes yaitu thitung > ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% (2,028<3,013>2,698) yang berarti model pembelajaran kooperatif tipe inside outside circle berpengaruh terhadap hasil belajar siswa atau dengan kata lain hasil belajar siswa di kelas eksperimen berpengaruh signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol yang menggunkan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jan 2020 08:48
Last Modified: 23 Jan 2020 08:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25421

Actions (login required)

View Item View Item