Maira Efrila, 11413202912 (2020) Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavioral untuk Mengatasi Kecemasan Siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV BARU.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
|
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Maira Efrila, (2019): Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavioral untuk Mengatasi Kecemasan Siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral untuk mengatasi kecemasan siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru, (2) Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral untuk mengatasi kecemasan siswa di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah 1 orang guru bimbingan konseling dan 8 siswa yang mengalami kecemasan di Sekolah Madrasah Tsanawiyah Darel Hikmah Pekanbaru. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi yang kemudian data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok konseling kelompok dengan pendekatan behavioral untuk mengatasi kecemasan siswa yaitu: masih ada siswa yang belum sepenuhnya terentaskan masalah kecemasannya, dan juga ada siswa yang sudah tenang setelah mengikuti layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral untuk mengatasi kecemasan belajarnya tersebut.kemudian dapat dilihat dari hasil observasi yang dilakukan dan didukung hasil wawancara yang dilakukan guru bimbingan konseling sudah melaksanakan tahap pembentukan, peralihan, kegitan dan pengakhiran. Sedangkan factor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan pendekatan behavioral untuk mengatasi kecemasan siswa adalah faktor pendukung seperti latar belakang pendidikan guru bimbingan konseling yang sudah SI BK, pengalaman dan keahlian guru bimbingan konseling dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok serta siswa yang antusias. Faktor penghambat seperti perlengkapan saranan dan pra sarana yang kurang memadai dari pihak sekolah dan jam masuk layanan yang tidak ada. Kata Kunci: Pelaksanaan, Layanan Konseling Kelompok,Pendekatan behavioal, mengatasi kecemasan siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 23 Jan 2020 07:38 |
Last Modified: | 23 Jan 2020 07:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25409 |
Actions (login required)
View Item |