Rahma Nipdayani, - (2020) Kontribusi Keaktifan Mengikuti Sima’an Al-Qur’an Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (895kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahma Nipdayani, (2019): Kontribusi Keaktifan Mengikuti Sima’an Al-Qur’an Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kontribusi kegiatan sima’an al-qur’an sebagai variabel X dan hafalan al-qur’an variabel Y. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada kontribusi yang signifikan kegiatan sima’an al-qur’an terhadap hafalan al-qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyan Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi kegiatan sima’an al-qur’an terhadap hafalan al-qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyan Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak.Populasi peneliti berjumlah 50 santri, dalam penelitian ini penulis menggunakan total sampling artinya seluruh populasi diteliti. Pengumpulan data penulis menggunakan angket, tes dan dokumentasi serta setelah data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi koefisien serial. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa ada kontribusi yang signifikan antara kegiatan sima’an al-Qur’an terhadap hafalan al-qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Madrasah Tarbiyah Islamiyah Tanjung Berulak Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Diketahui berdasarkan hasil penyajian dan analisis data dengan menggunakan teknik kolerasi serial, diperoleh angka koefisien sebesar 0,358 lebih besar dari rtabel, baik pada taraf signifikan (5%) sebesar 0,273 maupun taraf signifikan 1% sebesar 0,354. Atau dapat ditulis 0,273<0,358>0,354. Kata Kunci: keaktifan mengikuti sima’an, Kualitas Hafalan Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jan 2020 08:12 |
Last Modified: | 17 Jan 2020 08:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25190 |
Actions (login required)
View Item |