Erlangga Dewantoro, - (2020) Marketing Public Relations PT. Shirotol Jannah dalam Membangun Kepercayaan Jamaah Umroh. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB V)
BAB V BARU.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (959kB) |
|
Text
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Erlangga Dewantoro Jurusan : Ilmu Komunikasi Judul : Marketing Public Relations PT. Shirotol Jannah dalam Membangun Kepercayaan Jamaah Umroh Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembatalan keberangkatan jamaah umroh PT. Shirotol Jannah dan berkembangnya kasus beberapa travel umroh yang bermasalah dalam memberangkatkan jamaahnya yang menimbulkan ketidakpercayaan jamaah atau calon jamaah terhadap paket umroh yg dipromosikan. Sedangkan PT. Shirotol Jannah merupakan perusahaan yang baru dalam mempromosikan paket umroh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui marketing public relations PT. Shirotol Jannah dalam membangun kepercayaan jamaah umroh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah Peran Marketing Public Relations dari Philip Kotler. Hasil penelitian membuktikan dalam menumbuhkan kesadaran konsumen dilakukan melalui iklan, termasuk melalui sosialisasi dan pengedukasian. Citra positif perusahaan dipertahankan dengan pengembalian uang jamaah dan melakukan reschedule jadwal keberangkatan. Antusiasme diupayakan dengan membuat promo biaya murah dengan cara menekan biaya promosi iklan dengan cara berkerjasama media online dan memanfaatkan hubungan kekeluargaa, serta terlibat dalam pengajian. Pelayanan ditingkatkan dengan memberikan kemudahan pengurusan administrasi maupun persiapan keberangkatan termasuk memberikan fasilitas hotel bintang empat dengan akses ke Masjidil Haram tidak jauh dari hotel yang ditempati. Mengkampanyekan paket umroh berkerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan, dan bergabung pada kegiatan pengajian, acara wisuda, termasuk memberikan voucher. Media public relations dilakukan dengan membuat release aktivitas perusahaan. Perusahaan memberikan jaminan keberangkatan dalam membina dan mempertahankan citra perusahaan termasuk berupaya proaktif dalam melakukan pemulihan pelayanan. Kata Kunci: Marketing Public Relations, Kepercayaan, dan Jamaah Umroh
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 20 Jan 2020 04:17 |
Last Modified: | 20 Jan 2020 04:17 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/25176 |
Actions (login required)
View Item |