Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peranan Orangtua dalam Pendidikan Anak diKeluarga Menurut Surat Luqman

Gusmiati (2017) Peranan Orangtua dalam Pendidikan Anak diKeluarga Menurut Surat Luqman. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1.201795PAI-S2cover.pdf

Download (283kB)
[img] Text
2.201795PAI-S2Scan Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. 201795PAI-S2Kata Pengantar.pdf

Download (303kB)
[img] Text
4. 201795PAI-S2DAFTAR ISI S2.pdf

Download (284kB)
[img] Text
5. 201795PAI-S2ABSTRAK.pdf

Download (541kB)
[img] Text
7. 201795PAI-S2BAB I.pdf

Download (415kB)
[img] Text
8. 201795PAI-S2BAB II.pdf

Download (510kB)
[img] Text
9. 201795PAI-S2BAB III.pdf

Download (563kB)
[img] Text
10. 201795PAI-S2BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. 201795PAI-S2BAB V.pdf

Download (846kB)
[img] Text
12. 201795PAI-S2DAFTAR KEPUSTAKAAN tesis.pdf

Download (390kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan anak yang terkandung dalam al-Qur’an surat Luqman ayat 12-19, penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu mengadakan studi secara teliti dengan cara menelaah literaturliteratur yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dengan menggunakan Metode Tafsir Tematik atau yang dikenal dengan Metode Tafsir Mawdhu'iy. Langkah-langkah metode tafsir Mawdhu'iy adalah: menetapkan masalah yang akan dibahas dengan menghimpun ayat-ayat yang berkaitan dengan masa turunnya, mengetahui korelasi antara ayat-ayat dalam surahnya masingmasing dan melengkapi pembahasan dengan hadits-hadits yang relevan dengan pokok pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pendidikan dikeluarga yang diajarkan Luqman pada anaknya terfokus pada tiga aspek, yaitu (1) Pendidikan Aqidah (2) Pendidikan akhlak dan (3) Pendidikan ibadah. Sedangkan metode pendidikan dikeluarga dalam surah Luqman yaitu (1) Metode Tawsiyah (2) Metode hikma (katakata yang menarik), (3) Metode nasihat (Maw’izhah), (4) Metode Pendidikan dengan Keteladanan, dan (5) Metode Pendidikan dengan Adat Kebiasaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 14 Jan 2020 07:57
Last Modified: 14 Jan 2020 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24882

Actions (login required)

View Item View Item