Helbina M.S, - (2020) PENERAPAN STRATEGI LEARNING CYCLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI KELAS IV B MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUDDIN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (6MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (469kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran tema indahnya kebersamaan di kelas IV B Madrasah Ibtidaiyyah Miftahuddin Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV B. Penelitian ini merupakan penelitian tindalan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu 1 orang guru dan 20 orang siswa, sedangkan objeknya adalah penerapan strategi pembelajaran learning cycle dalam meningkatkan minat belajar siswa Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi minat belajar selama pembelajaran berlangsung dengan penerapan strategi learning cycle. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan melalui 2 siklus, pada pertemuan pertama siklus I minat belajar siswa hanya 59,75% atau tergolong cukup dan pada pertemuan ke 2 mencapai 67,25% atau tergolong cukup, diketahui bahwa adanya peningkatan minat belajar siswa pada pembelajaran tema indahnya kebersamaan. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 maka lebih meningkat pada pertemuan pertama mencapai 81,75% atau tergolong baik, pada pertemuan kedua mencapai 89,25% atau tergolong baik. Dari data ini menunjukkan bahwa apabila diterapkan strategi learning cycle maka dapat meningkatkan minat belajar siswa pada tema indahnya kebersamaan kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Miftahuddin Pekanbaru. Kata Kunci: Strategi Learning Cycle, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 14 Jan 2020 07:20 |
Last Modified: | 14 Jan 2020 07:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24800 |
Actions (login required)
View Item |