Atria (2017) Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013 (Implementasi Penilaian Sikap pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Text
1. 201779PAI-S2COVER.pdf Download (269kB) |
|
Text
2. 201779PAI-S2PENGESAHAN.pdf Download (295kB) |
|
Text
3. 201779PAI-S2ABSTRAK 3 BAHASA.pdf Download (467kB) |
|
Text
4. 201779PAI-S2KATA PENGANTAR.pdf Download (272kB) |
|
Text
5. 201779PAI-S2DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) |
|
Text
6. 201779PAI-S2BAB I.pdf Download (361kB) |
|
Text
7. 201779PAI-S2BAB II.pdf Download (465kB) |
|
Text
8. 201779PAI-S2BAB III.pdf Download (288kB) |
|
Text
9. 201779PAI-S2BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) |
|
Text
10. 201779PAI-S2BAB V.pdf Download (266kB) |
|
Text
11. 201779PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
Abstract
Kompetensi sikap dalam kurikulum 2013 mencakup sikap spritual dan sikap sosial, yang sebenarnya tidak diajarkan dalam bentuk bahan atau materi ajar kepada peserta didik, namun dalam proses belajar mengajar harus ditunjukkan, sehingga sikap spritual dan sosial akan menjadi bagian dari penilaian proses oleh guru. Oleh karena itu, sikap spritual dan sosial harus muncul dalam tindakan nyata peserta didik dalam kehidupan sehari-hari, Implementasi Kurikulum 2013 yang sarat dengan karakter dan kompetensi harus dinilai oleh guru secara berkesinambungan, utuh, terus-menerus dengan menggunakan instrumen tertentu, begitu juga dengan penilaian sikap. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui Implementasi penilaian sikap pada kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dan Apa saja Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Untuk menjawab masalah tersebut penulis menggunakan penelitian lapangan, (Field Research ) dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini hal yang dilakukan adalah mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian menganalisis data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Penilaian Sikap Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru tergolong kurang baik dengan persentase hasil observasi sebesar 46 % (kurang baik ), dan didukung oleh hasil wawacara hampir seluruh guru telah mengikuti pelatihan ataupun seminar tentang kurikulum 2013, khususnya tentang penilaian dalam kurikulum 2013, namun kecendrungannya guru hanya melakukan penilaian sikap melalui observasi saja, sedangkan dari hasil dokumentasi menunjukan bahwa sebahagian guru pembelajaran PAI dan Budi Pekerti membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), namun hanya 2 orang saja yang membawanya dan mempedomaninya di dalam kelas, dan mereka hanya memiliki instrumen penilaian sikap teknik observasi saja, sedangkan untuk penilaian sikap dengan teknik penilaian diri dan wawancara 100% guru PAI dan Budi Pekerti tidak pernah membuat dan menggunakannya dalam pembelajaran. Faktor-faktor pendukung Implementasi Penilaian Sikap Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru adalah : Adanya pelatihan yang diikuti oleh guru PAI dan Budi Pekerti tentang kurikulum 2013, khususnya tentang penilaian 2013, Adanya bimbingan dan kerjasama MKKS, Sarana dan prasarana yang memadai. Adapun faktor-faktor penghambatnya : Instrumen penilaian sikap yang terlalu banyak, Ketersedian waktu yang tidak memadai, Jumlah siswa yang banyak, sehingga menyulitkan guru menilai sikap siswa satu persatu, Susahnya menilai sikap siswa, karena yang ditampilkan siswa kadang-kadang tidak sesuai dengan sikap sebenarnya, keinginan guru untuk lebih kreatif masih kurang, Kurangnya pengawasan yang dilakukan kepala sekolah, sehingga pantauan penilaian sikap dengan seluruh teknik penilaian sikap masih belum maksimal.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 13 Jan 2020 05:19 |
Last Modified: | 13 Jan 2020 05:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24777 |
Actions (login required)
View Item |