MELIA HERIANTI, 11518203615 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PLANTED QUESTION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA DI KELAS V B SD MUHAMMADIYAH IV PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text
GABUNG.pdf Download (25MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V B SD Muhammadiyah IV Pekanbaru pada tema 9 benda-benda di sekitar kita pada muatan ilmu pengetahuan alam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa dengan gejala, dari 24 siswa hanya 9 orang yang memperhatikan guru dalam menyampaikan materi pelajaran, dari 24 siswa terdapat 5 orang yang mau bertanya tentang materi yang diajarkan, dari 24 siswa terdapat 7 orang yang mengeluarkan pendapat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 24 orang siswa kelas V B SD Muhammadiyah IV Pekanbaru. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan yaitu 48,54% dengan kurang tinggi. Kemudian setelah menerapkan model pembelajaran planted question pada siklus I, aktivitas belajar siswa hanya mencapai 59,48% dengan kategori cukup tinggi. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 78,02% dengan kategori tinggi artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran planted question dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa tema 9 benda-benda di sekitar kita di kelas V B SD Muhammadiyah IV Pekanbaru. Kata kunci : Aktivitas Belajar, Model Planted Question, Tema Benda-Benda di Sekitar Kita
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 10 Jan 2020 08:20 |
Last Modified: | 10 Jan 2020 08:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24671 |
Actions (login required)
View Item |