Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Aqidah Akhlak dan Iklim Sekolah Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu

Aripin (2017) Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Aqidah Akhlak dan Iklim Sekolah Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. 201769PAI-S2COVER.pdf

Download (265kB)
[img] Text
2. 201769PAI-S2PENGESAHAN.pdf

Download (293kB)
[img] Text
3. 201769PAI-S2ABTRAK.pdf

Download (316kB)
[img] Text
4. 201769PAI-S2 PENGANTAR.pdf

Download (280kB)
[img] Text
5. 201769PAI-S2DAFTAR ISI.pdf

Download (257kB)
[img] Text
6. 201769PAI-S2BAB I.pdf

Download (300kB)
[img] Text
7. 201769PAI-S2BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
8. 201769PAI-S2BAB III.pdf

Download (325kB)
[img] Text
9. 201769PAI-S2BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text
10. 201769PAI-S2BAB V.pdf

Download (258kB)
[img] Text
11. 201769PAI-S2DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan rendahnya aktivitas belajar siswa Madrasah Aliyah Swasta se-Kecamatan Rengat. Padahal guru ratarata memiliki kompetensi social yang memadai dan iklim sekolah yang kondusif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Apakah terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi sosial guru Akidah Akhlak terhadap aktivitas belajar siswa; (2) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap aktivitas belajar siswa; dan (3) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi sosial guru Akidah Akhlak dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap aktivitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta Se-Kecamatan Rengat? Jenis penelitian ini adalah field research yaitu peneliti langsung terjun kelapangan untuk mencari data dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian sebanyak 332 siswa dan sampel ditentukan menggunakan rumus Slovin, dengan berjumlah 77 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling, yaitu penentuan sample secara acak. Teknik analisa data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi berganda. Untuk menganalisis data menggunakan program SPSS for Windows Release 20.0. Hasil penelitian ini adalah: (1)Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi sosial guru akidah akhlak terhadap aktivitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta Se-Kecamatan Rengat. Hal ini didasarkan hasil korelasi nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 (0,000 < 0.05); (2) Terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap aktivitas belajar siswa di Madrasah Aliyah Swasta SeKecamatan Rengat, sebab nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 ( 0.000 < 0.05); dan (3)Terdapat pengaruh yang signifikan kempetensi sosial guru akidah akhlak dan iklim sekolah secara bersama-sama terhadap aktivitas belajar siswa di MA Swasta Se-Kecamatan Rengat, hal ini dari Uji F ANOVA menunjukkan Besar nilai Fhitung adalah 25.826 sedangkan besar signifikannya adalah 0,000. signifikan ANOVA 0,000 lebih kecil dari 0,05, yang berarti terdapat pengaruh secara signifikan. Persamaan garis regresinya adalah Y = 19.158 + 0,310 (X1) + 0,423 (X2 ). Konstanta sebanyak 19.158 ; artinya jika Kompetensi Sosial Guru Akidah Akhlak (X1 ) dan Iklim Sekolah (X2 ) nilainya adalah 0, maka Aktivitas belajar (Y ) nilainya adalah 19.158. Sumbangan Kompetensi Sosial Guru Akidah Akhlak dan Iklim Sekolah terhadap Aktivitas Belajar Siswa Madrasah Aliyah Swasta SeKecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu dikategorikan Cukup Kuat, yakni 41,1%, sedangkan sisanya sebanyak 58,9% dipengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 09 Jan 2020 07:35
Last Modified: 09 Jan 2020 07:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24610

Actions (login required)

View Item View Item