Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru

Nuzus Sakinah, 21710125555 (2020) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
TESIS NUZUS SAKINAH.pdf

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Nuzus Sakinah, (2019): Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 027 Paritbaru . Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran LKPD pada mata pelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Dasar penelitian ini menggunakan model pengembangan Research and Development (R&D) dengan desain ADDIE, tahap yang dilalui antara lain, analysis, kebutuhan siswa, kurikulum dan karakteristik siswa, design, perancangan media dan materi, development, validasi oleh ahli media dan ahli materi, implementasi, uji coba produk pada kelompok kecil dan terbatas dan tahap akhir evaluasi. Data dianalisis secara kuantitaif dan kualitatif. Produk di validasi oleh ahli media dengan hasil persentase 82,5%. Validasi ahli materi 88,75%, validasi soal pemahaman konsep 80%. Uji coba kelompok kecil menghasilkan 86,08% sedangkan kelompok terbatas dengan persentase 83,80 %. Sedangkan pemahaman konsep siswa dengan nilai thitung > ttabel yaitu 16,518 > 2,10092 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada pemahaman konsep siswa antara hasil pretest dan posttest. Hal tersebut menunjukkan media Lembar Kerja Peserta Didik pada mata pelajaran matematika telah valid, praktis dan dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, LKPD, Penemuan Terbimbing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah-S2
Depositing User: pps -
Date Deposited: 06 Jan 2020 03:57
Last Modified: 06 Jan 2020 03:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24320

Actions (login required)

View Item View Item