Indah Permata Sari (2016) PENERAPAN STRATEGI POINT-COUNTERPOINT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 009 DESA SIMPANG KUBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di Sekolah Dasar Negeri 009 Desa Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar melalui Penerapan Strategi Point Counterpoint. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas V di Sekolah Dasar Negeri 009 Desa Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 009 Desa Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar, sedangkan objek penelitian ini adalah menggunakan Strategi Point-Counterpoint untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pada sebelum tindakan yaitu 40,88% dengan kategori “Cukup” karena berada pada rentang 41%-60%. Artinya aktivitas belajar siswa sebelum tindakan jauh di bawah indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kemudian setelah menerapkan Strategi Point-Counterpoint pada siklus I, aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 52,34% dengan kategtori ”cukup” karena berada pada rentan 41%-60%. Walaupun sudah adanya peningkatan namun belum mencapai indikator keberhasilan oleh karena itulah penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 81,11% dengan kategori “ sangat baik” artinya sudah mencapai indikator yang diharapkan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan Strategi Point-Counterpoint dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negeri 009 Simpang Kubu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar > 372.2 Sekolah Dasar, SD |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 05 Feb 2016 03:48 |
Last Modified: | 05 Feb 2016 03:48 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2400 |
Actions (login required)
View Item |