Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN METODE KOLABORATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL WASI’AH SIMALINYANG KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR

Ernita (2011) PELAKSANAAN METODE KOLABORATIF DALAM PROSES PEMBELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL WASI’AH SIMALINYANG KECAMATAN KAMPAR KIRI TENGAH KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011655.pdf

Download (587kB) | Preview

Abstract

Metode Kolaboratif sangat besar manfa’atnya bagi siswa karena metode Kolaboratif menekankan adanya kerja sama, partisipasi anggota kelompoknya, saling tukar pendapat, tanya jawab, berbagi pengalaman dan pengetahuan, dan merangsang siswa untuk berpikir. Namun dari pengamatan awal yang penulis temukan di lapangan sebagian siswa enggan berpartisispasi dalam kelompoknya dan malas berpikir. Adapun tujuan penelitian yang penulis lakukan adalah untuk mengetahui bagaimana Pelaksanaan Metode Kolaboratif Dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MTs Darul Wasi’ah Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaannya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fiqih MTs Darul Wasi’ah Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar dengan populasi yang berjumlah 2 orang dan objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kolaboratif dalam proses pembelajaran fiqih, sedangkan tehnik pengumpulan data dikumpulkan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian data yang terkumpul akan dianalisa dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Setelah penulis melakukan penelitian, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa Pelaksanaan Metode Kolaboratif Dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MTs Darul Wasi’ah Simalinyang Kecamatan Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar adalah kurang optimal dengan angka persentase 67,5% dan di dukung oleh wawancara dan dokumentasi, dan adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kolaboratif dalam proses pembelajaran fiqih adalah waktu, media, keaktifan siswa, serta guru fiqih sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 01 Feb 2016 07:42
Last Modified: 01 Feb 2016 07:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/2331

Actions (login required)

View Item View Item