Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERIAN SUPLEMEN PUPUK ORGANIK CAIR SUPER SURYA ALAMI (POC SSA) DALAM AIR MINUM TERHADAP PENAMPILAN PRODUKSI AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK

Denny Trinanda, - (2019) PEMBERIAN SUPLEMEN PUPUK ORGANIK CAIR SUPER SURYA ALAMI (POC SSA) DALAM AIR MINUM TERHADAP PENAMPILAN PRODUKSI AYAM KAMPUNG UNGGUL BALITNAK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstract

Peningkatan produktivitas ternak khususnya ayam Kampung Unggul Balitnak memerlukan kualitas pakan yang tinggi untuk memacu pertumbuhannya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan suplemen pupuk organik cair super surya alami (POC SSA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh POC SSA dalam air minum terhadap penampilan produksi ayam kampung yang meliputi konsumsi air minum, konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan konversi pakan ayam kampung. Bahan yang digunakan untuk penelitian ini adalah 100 ekor anak ayam kampung, pakan komersial dan POC SSA. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), yang terdiri atas 4 perlakuan dan 5 ulangan sehingga diperoleh 20 unit kandang penelitian, masing-masing diisi sebanyak 5 ekor ayam Kampung. Perlakuan dalam penelitian ini sebagai berikut : T0 = Kontrol, T1= 2 ml/L air POC SSA, T2 = 2,5 ml/L air POC SSA, T3 = 3ml/L air POC SSA dan T4 = 3,5 ml/L POC SSA. Peubah yang diamati adalah konsumsi air minum, konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa suplemen POC SSA tidak dapat memperbaiki penampilan produksi ayam KUB ditandai dengan signifikansi yang tidak berbeda pada konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum serta menurunkan jumlah konsumsi air minum. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Semakin tinggi level POC SSA dalam air minum akan menurunkan palatabilitas air minum pada ayam dan tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap konsumsi ransum, pertambahan bobot badan dan konversi ransum. Semakin tinggi level POC SSA dalam air minum maka dapat menurunkan palatabilitas air minum pada ayam. Kata Kunci: Konsumsi air minum, konsumsi ransum, pertambahan bobot badan, konversi ransum,ayam Kampung Unggul Balitnak, suplemen POC SSA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian > 636 Peternakan
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 15 Nov 2019 06:59
Last Modified: 15 Nov 2019 07:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/22438

Actions (login required)

View Item View Item