SYARIFAH SHERLY SUCITRA, 11317200645 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (629kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (621kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (821kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (464kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang ditinjau dari ranah kognitif siswa pada materi hidrolisis garam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving menggunakan praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI MIPA 2 (eksperimen) dan kelas XI MIPA 3 (kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan t-test polled varians. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung=2,08 dan ttabel=1,99 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung>ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving menggunakan praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 2 Pekanbaru, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 6%. Kata Kunci: Problem Solving, Praktikum, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 09:07 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 09:07 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21540 |
Actions (login required)
View Item |