Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU

SYARIFAH SHERLY SUCITRA, 11317200645 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING MENGGUNAKAN PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (621kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (821kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan rancangan pretest dan posttest. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar yang ditinjau dari ranah kognitif siswa pada materi hidrolisis garam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving menggunakan praktikum terhadap hasil belajar siswa pada materi hidrolisis garam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2016/2017 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling maka diperoleh 2 kelas sampel yaitu XI MIPA 2 (eksperimen) dan kelas XI MIPA 3 (kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu uji homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan t-test polled varians. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung=2,08 dan ttabel=1,99 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung>ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran problem solving menggunakan praktikum terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 2 Pekanbaru, dengan koefisien pengaruh (Kp) sebesar 6%. Kata Kunci: Problem Solving, Praktikum, Hasil Belajar, Hidrolisis Garam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 18 Oct 2019 09:07
Last Modified: 18 Oct 2019 09:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21540

Actions (login required)

View Item View Item