AGUS PUTRI AYU, 11318201380 (2017) PENGARUH IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 006 DUSUN PELANDUK KECAMATAN KUNTO DARUSSALAM KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (630kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (798kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (491kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dikelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Dusun Pelanduk Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu.” Penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan desain Posttest Only Desain With Nonequivalent Group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Dusun Pelanduk Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 40 siswa. Hasil uji homogenitas populasi menunjukkan kedua kelas memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda atau kemampuan dasar yang sama (homogen). Sampel dipilih secara acak sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas V A sebagai kelas eksperimen dan V B sebagai kelas kontrol. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu dengan test “t” Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata plajaran matmatika, hal ini dapat diketahui bahwa thitung = 2,738 berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1% dengan df=40. Dengan df diperoleh dari ttabel pada taraf signifikan 5% dan 1% sebesar 2,00 dan 2,72. Ini berarti thitung > ttabel, maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Besar pengaruh implementasi model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap hasil belajar siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri 006 Dusun Pelanduk Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu 16,47%. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 17 Oct 2019 03:04 |
Last Modified: | 17 Oct 2019 03:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21441 |
Actions (login required)
View Item |