VIVI PUTRI, 11318200214 (2017) PENERAPAN TEKNIK PEMBELAJARAN ROUND TABLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 003 DESA BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (499kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (458kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan teknik pembelajaran round table pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Desa Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Desa Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 003 Desa Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan teknik pembelajaran round table untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif. Berdasarkan Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan teknik pembelajaran round table dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 60% atau 12 orang siswa yang tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan penerapan teknik pembelajaran round table pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 70% atau 14 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan lagi dengan rata-rata 90% atau 18 orang siswa yang tuntas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan teknik pembelajaran round table dapat meningkatkan hasil belajar siswa V Sekolah Dasar Negeri 003 Desa Batu Belah Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 08:01 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 08:01 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21223 |
Actions (login required)
View Item |