NOVIA REZA, 11315202390 (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUANKOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (283kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan modul matematika berbasis pendekatan Problem Based Learning yang valid dan praktis serta untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan objek penelitian ini adalah modul matematika berbasis pendekatan Problem Based Learning. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, modul matematika berbasis pendekatan Problem Based Learning dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 86,6%. Berdasarkan uji praktikalitas, modul matematika berbasis pendekatan Problem Based Learning dinyatakan kategori praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 79,8%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa modul yang dikembangkan layak dan praktis. Berdasarkan tes kemampuan komunikasi matematis, modul matematika berbasis pendekatan problem based learning sudah memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 85,1% dinyatakan kategori tinggi. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Problem Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 10 Oct 2019 07:40 |
Last Modified: | 10 Oct 2019 07:40 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/21218 |
Actions (login required)
View Item |