ELMAWATI, 11315202986 (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (433kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis pendekatan saintifik yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 6 orang peserta didik kelompok kecil, 26 orang peserta didik kelompok terbatas MTs Darul Hikmah Pekanbaru dan objek penelitian adalah modul matematika berbasis pendekatan saintifik dan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data angket dan tes kemampuan penalaran matematis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Modul matematika berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah teruji dengan tingkat kevalidan 86,67% yakni dikategorikan sangat valid, tingkat kepraktisan 88,78% yakni dikategorikan sangat praktis serta tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik 85,6% yakni dikategorikan tinggi. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis serta mampu memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Penalaran Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 01 Oct 2019 08:10 |
Last Modified: | 01 Oct 2019 08:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20990 |
Actions (login required)
View Item |