Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

ELMAWATI, 11315202986 (2017) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis pendekatan saintifik yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah 6 orang peserta didik kelompok kecil, 26 orang peserta didik kelompok terbatas MTs Darul Hikmah Pekanbaru dan objek penelitian adalah modul matematika berbasis pendekatan saintifik dan kemampuan penalaran matematis peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data angket dan tes kemampuan penalaran matematis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Modul matematika berbasis pendekatan saintifik yang dikembangkan telah teruji dengan tingkat kevalidan 86,67% yakni dikategorikan sangat valid, tingkat kepraktisan 88,78% yakni dikategorikan sangat praktis serta tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik 85,6% yakni dikategorikan tinggi. Dari hasil tersebut mengidentifikasikan bahwa modul yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis serta mampu memfasilitasi kemampuan penalaran matematis peserta didik dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Modul, Pendekatan Saintifik, Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 01 Oct 2019 08:10
Last Modified: 01 Oct 2019 08:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20990

Actions (login required)

View Item View Item