Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN DATA MINING PADA DATA PENJUALAN 212MART MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH

Annisa Silvia, - (2019) PENERAPAN DATA MINING PADA DATA PENJUALAN 212MART MENGGUNAKAN ALGORITMA FREQUENT PATTERN GROWTH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1-COVER.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
3-ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-KATA PENGANTAR.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-DAFTAR ISI.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-BAB 1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7-BAB 2.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9-BAB 3.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (BABIV)
8-BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (552kB)
[img]
Preview
Text
10-BAB 5.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Bisnis ritel adalah salah satu bidang usaha yang semakin berkkembang pesat pada era ini. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya usaha ritel yang bermunculan. Salah bisnis ritel yang ikut andil dalam memenuhi kebutuhan konsumen adalah 212Mart. Penempatan tata letak produk saat ini masih disusun berdasarkan kategori serta persepsi umum pada perusahan yang artinya perusahan memegang penuh proses pemilihan, pengaturan, serta menerjemahkannya menggunakan kebijakan perusahan, belum menyesuaikan dengan kebiasaan belanja konsumen. Dalam usaha untuk meningkatkan penjualan di 212Mart dibutuhkan bidang ilmu Association Rule Mining yang membantu untuk memahami kebiasaan belanja konsumen, dari hasil asosiasi. Teknik algoritma yang digunakan adalah FP-Growth yang dibantu dengan tools WEKA dengan data transaksi penjualan pada 212Mart. Hasil yang didapat adalah 7 rule asosiasi kategori produk untuk dapat diinterpretasikan sebagai pertimbangan dan rekomendasi dalam mengubah tata letak pada 212Mart. Sedangkan data pada bulan Mei menghasilkan 31 rule yang merupakan jumlah rule tertinggi dengan support 3% dan 50%. Berdasarkan hasil tersebut penelitian kategori Snack dan Minum merupakan kategori yang sering muncul dalam rule. Kata Kunci: 212Mart, FP-Growth,Tata Letak, Transaksi Penjualan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Ari Eka Wahyudi
Date Deposited: 01 Oct 2019 03:37
Last Modified: 01 Oct 2019 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20952

Actions (login required)

View Item View Item