Gustina Widya Sari, - (2019) PENGARUH METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTU ALAT PERAGA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUNAWWARAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
3. PENGESAHAN.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR ISI.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB III.pdf Download (690kB) | Preview |
|
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (585kB) |
||
|
Text
15. BAB V.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada atau tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII MTs di Pekanbaru antara siswa yang belajar menggunakan metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga dengan siswa yang belajar tidak menggunakan metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental Design dan desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al-Munawwarah Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII Fatimah seabagai kelas Eksperimen dan kelas VIII Aisyah sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, lemba robservasi, dan tes. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan tes “t” menunjukkan bahwa: Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang signifikan antara metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga dengan tanpa metode penemuan terbimbing berbantu alat peraga. Diperoleh nilai thitung sebesar 2,8546 dan nilai ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,005 maka thitung > ttabel atau 2,8546 > 2,005. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Eka Wahyudi |
Date Deposited: | 30 Sep 2019 04:49 |
Last Modified: | 30 Sep 2019 04:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20894 |
Actions (login required)
View Item |