Yatimin (2018) Strategi Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Pendekatan Sufistik Untuk Madrasah Tsanawiyah Di Provinsi Riau. Disertasi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201811DPAI_CAVER DEPAN.pdf Download (307kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201811DPAI_PENGESAHAN.pdf Download (301kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201811DPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (321kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201811DPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201811DPAI_ABSTRAK.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201811DPAI_BAB 1.pdf Download (547kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201811DPAI_BAB 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 201811DPAI_BAB 3.pdf Download (539kB) | Preview |
|
Text
9. 201811DPAI_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. 201811DPAI_10. BAB 5.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201811DPAI_Daftar Kepustakaan.pdf Download (475kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tentang Strategi pembelajaran Akidah Akhlak melalui pendekatan sufistik untuk Madrasah Tsanawiyah di Provinsi Riau, merupakan suatu tindakan melatih pikiran siswa sedemikian rupa sehingga dalam sikap hidup dan tindakan dipengaruhi oleh nilai spritual. Mengantar manusia pada prilaku dan perbuatan yang berpedoman pada syari’at Allah. Pembelajaran Akidah Akhlak bukan sekedar “transfer of knowledge” ataupun “transfer of training”. Tetapi lebih merupakan suatu sistem yang di tata di atas pondasi keimanan dan kesalehan. Siklus perkembangan perubahan pembelajaran Akidah Akhlak telah mengikut alur perubahan. Kalau tidak mengikuti alur perubahan, maka pembelajaran Akidah Akhlak akan ketinggalan dari perubahan zaman. Untuk itu pada era tersebut konsep, materi dan kurikulum dihadapkan pada tantangan kehidupan manusia modern, yang serba simpel dan praktis sesuai perkembangan teknologi. Penelitian tentang strategi pembelajaran Akidah Akhlak melalui pendekatan sufistik untuk Madrasah Tsanawiyah merupakan penelitian lapangan (Field Research), metode analisis yang digunakan ialah metode content analisis yaitu berangkat dari aksioma bahwa studi tentang proses dan isi komunitas ini merupakan dasar bagi ilmu sosial. Subjek penelitian terdiri Guru Akidah Akhlak dan siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah yang dijadikan sampel di Provinsi Riau. Informan penelitian terdiri dari Kepala madrasah, anggota MGMP Akidah Akhlak dan komponen yang terkait. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan tehnik trianggulasi metode dan sumber. Tehnik analisis data menggunakan metode content analisis yang terdiri dari; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menujukkan: Pembelajaran Akidah Akhlak melalui pendekatan sufistik untuk madrasah tsanawiyah di Provinsi Riau menanamkan tiga aspek civic knowledge, civic disposition, civic skill sesuai dengan realitas. Pada akhir pembelajaran tumbuh kesadaran to regcognation and the other dalam kehidupan peserta didik yang beragam sehingga menjadi smart and good citizenship dalam konteks sebenarnya.
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S3 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 26 Sep 2019 08:15 |
Last Modified: | 26 Sep 2019 08:15 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20780 |
Actions (login required)
View Item |