Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NILAI KARAKTER KERJA KERAS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AN-NAAS PEKANBARU

HASMINETI, 11216202546 (2018) PENGARUH PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP NILAI KARAKTER KERJA KERAS DI SEKOLAH MENENGAH ATAS AN-NAAS PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pemahaman menerjemahkan, menafsirkan, dan mengekstrapolasi siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap nilai karakter kerja keras siswa di kelas XII Sekolah Menengah Atas An-Naas Pekanbaru pada pokok bahasan kerajinan. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Atas An-Naas Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII, sedangkan objeknya adalah pengaruh pemahaman siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap nilai karakter kerja keras siswa. Populasinya adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Atas An-Naas Pekanbaru dengan sampel yang diambil adalah siswa kelas XII yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji regresi berganda menunjukkan bahwa aspek menerjemahkan memiliki thitung > ttabel (2,576 > 2,042) serta mengekstrapolasi dengan nilai thitung > ttabel (3,556 > 2,042) yang berarti memiliki pengaruh terhadap nilai karakter kerja keras siswa yang terbukti dari persentase pengaruhnya sebesar 32,7% sementara menafsirkan memiliki nilai thitung < ttabel (1,042 > 2,042) yang berarti tidak memiliki pengaruh terhadap nilai karakter kerja keras siswa, yang didukung dengan persentase pengaruh masingmasing aspek tersebut yaitu menerjemahkan sebesar 42,6%, menafsirkan sebesar 18,7%, dan mengekstrapolasi sebesar 54,5%, sementara sumbangan pengaruh secara bersamaan adalah sebesar 42,8%, sedangkan sisanya sebesar 57,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar dari variabel dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pemahaman, Prakarya dan Kewirausahaan, dan Nilai Karakter Kerja Keras Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 13 Sep 2019 04:47
Last Modified: 13 Sep 2019 04:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/20177

Actions (login required)

View Item View Item