Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUDHARABAH BRI SYARIAH DENGAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS RIAU

MARISSA HARDINA HADI (2016) SISTEM BAGI HASIL PEMBIAYAAN MUDHARABAH BRI SYARIAH DENGAN KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA UNIVERSITAS RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER (1).pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN (1).pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK (1).pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR (1).pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I (1).pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II (1).pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III (1).pdf

Download (690kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V (1).pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Adapun judul penelitian ini yaitu “Sistem Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah Bank BRI Syariah dengan Koperasi Pegawai RI Universitas Riau” permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem bagi hasil pembiayaan mudharabah bri syariah dengan koperasi pegawai republik indonesia universitas riau dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap sistem bagi hasil pembiayaan mudharabah bri syariah dengan koperasi pegawai republik indonesia universitas riau. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan pada Bri Syariah KC Pekanbaru yang beralamat di Jalan Arifin Ahmad NO. 7-9 Pekanbaru dan Koperasi Pegawai RI Universitas Riau Jl. Pattimura No.9, Gobah,Kel Cintaraja,Kec.Sail,Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana sistem bagi hasil pembiayaan mudharabah bri syariah dengan koperasi pegawai republik indonesia universitas riau dan bagaimana tinjauan ekonomi islam terhadap sistem bagi hasil pembiayaan mudharabah bri syariah dengan koperasi pegawai republik indonesia universitas riau. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder yang diperoleh langsung dari BRI Syariah KC Pekanbaru dan buku-buku yang berkaitan kemudian dianalisa menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian merupakan pimpinan BRI Syariah, ketua Koperasi Pegawai RI Universitas Riau serta marketing pembiayaan mudharabah BRI Syariah yang berjumlah 1 orang dan staf keuangan Koperasi Pegawai RI universitas riau yang juga berjumlah 1 orang maka peneliti menggunakan metode total sampling. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Sistem Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah BRI Syariah dengan Koperasi Pegawai RI Universitas Riau merupakan akad kerja sama yang transparan baik dari segi akad, margin maupun usaha yang dilakukan oleh Koperasi tersebut, dengan prosedur dan tata cara serta ketentuan yang berlaku yang mana bank mendapatkan margin atau keuntungan dari hasil usaha yang jalankan, bagitu juga koperasi juga mendapatkan keunutngan sesuai dengan margin yang ditetapkan saat akad berlangsung. Tinjauan ekonomi islam terhadap Sistem Bagi Hasil Pembiayaan Mudharabah BRI Syariah dengan Koperasi Pegawai RI Universitas Riau adalah suatu bentuk kerja sama antara dua pihak yang menyediakan modal dan pengelola yang dituangkan dalam sebuah akad dengan sistem transparan dalam setiap produk dan sistem operasional yang tidak lepas dari pengawasan Dewan Pengawas Syariah. Prosedur pemberian pembiayaan untuk Koperasi Pegawai RI Universitas Riau yang diterapkan oleh Bri Syariah sudah sesuai dengan Syariat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 10 Sep 2019 14:09
Last Modified: 10 Sep 2019 14:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19825

Actions (login required)

View Item View Item