ERI RIZALDI (2017) PENGARUH PERILAKU KEBERAGAMAAN ORANGTUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20171069PAI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20171069PAI.pdf Download (537kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20171069PAI.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20171069PAI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20171069PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20171069PAI.pdf Download (577kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20171069PAI.pdf Download (882kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20171069PAI.pdf Download (538kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20171069PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20171069PAI.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171069PAI.pdf Download (388kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu perilaku keberagamaan orangtua (variabel bebas/independen atau variabel X) dan motivasi belajar siswa (variabel terikat/dependent atau variabel Y).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku keberagamaan orangtua, untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam serta untuk mengetahui pengaruh perilaku keberagamaan orangtua terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung.Subjek dalam penelitian ini 64 siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Objek penelitian ini adalah perilaku keberagamaan orangtua dan motivasi belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan teknik analisis data untuk rumusan masalah yang pertama dan kedua menggunakan deskriptif persentase, sedangkan untuk rumusan masalah yang ketiga menggunakan korelasi product moment.Dari analisis data dapat dilihat bahwa perilaku keberagamaan orangtua berada pada kategori “Baik” dengan persentase 77,59% melalui rekapitulasi hasil angket dan motivasi belajar siswa berada pada kategori “Sangat kuat” dengan persentase 81,83% melalui rekapitulasi hasil angket. Sedangkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment dan SPSS For Windows Ver.16 dapat diketahui bahwa ada pengaruh perilaku keberagamaan orangtua terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Dengan perolehan angka indeks yang diperoleh dari 0,811 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,250 dan pada taraf 1% sebesar 0,325. Dengan demikian berarti Ha diterima dan Ho ditolak, berarti ada pengaruh yang signifikan perilaku keberagamaan orangtua terhadap motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Tapung. Kata Kunci: Pengaruh, Perilaku Keberagamaan, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 07 Sep 2019 05:39 |
Last Modified: | 07 Sep 2019 05:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19500 |
Actions (login required)
View Item |