SISWANTO (2017) PENGARUH KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20171064PAI.pdf Download (304kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20171064PAI.pdf Download (589kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20171064PAI.pdf Download (486kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20171064PAI.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20171064PAI.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20171064PAI.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20171064PAI.pdf Download (533kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20171064PAI.pdf Download (534kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20171064PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
10. BAB V_20171064PAI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171064PAI.pdf Download (389kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu kinerja guru Pendidikan Agama Islam sebagai variabel X (variabel bebas/independen) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel Y (variabel terikat/dependen). Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah Pengaruh Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah 2 orang guru Pendidikan Agama Islam dan seluruh siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru yang berjumlah 517 orang. Adapun sampel penelitian ini siswa kelas VII, VIII, dan IX diambil 10% yang berjumlah 52 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa penulis menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan teknik analisis data maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kinerja guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Hasil ini diperoleh berdasarkan rhitung sebesar 0,569 dengan nilai probabilitas 0,000. Oleh karena itu p<0,05 (0,000<0,05) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh kinerja guru Pendidikan Agama Islam terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Kata Kunci: Kinerja Guru dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 07 Sep 2019 05:11 |
Last Modified: | 07 Sep 2019 05:11 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19493 |
Actions (login required)
View Item |