Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID

ARI HARDIAN SAPUTRA (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_20171049PK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_20171049PK.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_20171049PK.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_20171049PK.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_20171049PK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_20171049PK.pdf

Download (629kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_20171049PK.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_20171049PK.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_20171049PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_20171049PK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171049PK.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada materi koloid di MAN Teluk Kuantan. Hal ini dipengaruhi oleh pembelajaran yang cenderung berpusat kepada guru dan kurangnya ketertarikan siswa terhadap mata pelajaran kimia yang rata-rata siswa menganggapnya sulit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan mengunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belar siswa pada materi koloid. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen yang menjadikan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol yang dipih berdasarkan teknik random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dan dokumentasi. Untuk mengetahui besar pengaruh yang didapatkan pada penelitian ini digunakan rumus t-test dan didapatkan thitung sebesar 2,24 lebih besar dari ttabel 2,00 (2,24>2,00) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan alat peraga sederhana terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid. Untuk mengetahui besarnya koefesien pengaruh pada penelitian ini menggunakan rumus koefesien determinasi dikali 100% dan didapatkan koefesien pengaruhnya sebesar 9%. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Alat Peraga Sederhana, Hasil Belajar, Sistem Koloid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 07 Sep 2019 04:13
Last Modified: 07 Sep 2019 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19474

Actions (login required)

View Item View Item