SITI MASHERAWATI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KELILING KELOMPOK BERBANTUAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS YAYASAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_20171047PK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_20171047PK.pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_20171047PK.pdf Download (446kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_20171047PK.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_20171047PK.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_20171047PK.pdf Download (462kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_20171047PK.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_20171047PK.pdf Download (717kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_20171047PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (782kB) |
||
|
Text
10. BAB V_20171047PK.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_20171047PK.pdf Download (434kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunggulan dari model pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok yang dibantu dengan animasi dan diikuti dengan rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA YLPI Pekanbaru yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok berbantuan animasi terhadap hasil belajar kimia siswa SMA YLPI Marpoyan Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, data awal yang diambil dari nilai materi sebelumnya dan data akhir diambil dari selisih pretest dan posttest kedua kelas. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 2,9208 dan ttabel = 2,000 dan menunjukkan thitung > ttabel, yang berarti menunjukkan adanya pengaruh terhadap hasil belajar dengan pengaruh sebesar 10,46%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik keliling kelompok berbantuan animasi memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Koloid di kelas XI IPA SMA YLPI Marpoyan Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Keliling Kelompok, Animasi, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 07 Sep 2019 04:06 |
Last Modified: | 07 Sep 2019 04:06 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19471 |
Actions (login required)
View Item |