NURMALA SARI (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KOLOID. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017960PK.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017960PK.pdf Download (517kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017960PK.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017960PK.pdf Download (439kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017960PK.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017960PK.pdf Download (658kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017960PK.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017960PK.pdf Download (570kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017960PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017960PK.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017960PK.pdf Download (397kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilatar belakangi oleh hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 1 Kepenuhan yang masih rendah dengan nilai rata-rata dibawah Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together menggunakan media Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid di kelas XI SMA Negeri 1 Kepenuhan. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan uji Bartlet, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling, dimana dalam penelitian ini, kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya yaitu larutan penyangga, dokumentasi, observasi, pretest dan posttest sebagai data akhir. Analisis data akhir pada penelitian ini menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 2,06 pada taraf signifikan 5% dan ttabel = 2,01 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti menunjukkan ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan media Puzzle terhadap hasil belajar siswa pada materi koloid kelas XI SMA N 1 Kepenuhan dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 9,38%. Kata Kunci: Numbered Head Togethet, Media Puzzle, Hasil belajar, Koloid.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 06 Sep 2019 01:31 |
Last Modified: | 06 Sep 2019 01:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19327 |
Actions (login required)
View Item |