NURUL HIDAYATI (2017) PENERAPAN GAME INFORMATION TRADING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL IMAN KECAMATAN KAMPAR TIMUR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017941PGMI.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017941PGMI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017941PGMI.pdf Download (704kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017941PGMI.pdf Download (526kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017941PGMI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017941PGMI.pdf Download (468kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017941PGMI.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017941PGMI.pdf Download (605kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017941PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017941PGMI.pdf Download (436kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017941PGMI.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Akidah Akhlak melalui penerapan Game Information Trading di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilator belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V. Sedangkan ojek dalam penelitian ini adalah penerapan Game Information Trading dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus dua kali pertemuan. Dengan tahapan, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan Game Information Trading dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata 69,81 dengan ketuntasan klasikal 43,75%. Setelah menerapkan Game Information Trading pada siklus I, hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 73,75 dengan ketuntasan klasikal 62,5%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 79,37 dengan ketuntasan klasikal 81,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Game Information Trading dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Iman Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Hasil Belajar, Game Information Trading, Akidah Akhlak
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 08:49 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 08:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19288 |
Actions (login required)
View Item |