JENNY BELVIYANI (2017) PENGARUH PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI STRATEGI INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017922PK.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017922PK.pdf Download (575kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017922PK.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017922PK.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017922PK.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017922PK.pdf Download (738kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017922PK.pdf Download (672kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017922PK.pdf Download (704kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017922PK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017922PK.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017922PK.pdf Download (262kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilatar belakangi oleh pendidikan karakter siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendidikan karakter melalui strategi inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Negeri 9 Pekanbaru dengan karakter yang diteliti jujur, tanggung jawab, kerja sama, disiplin, dan rasa ingin tahu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, sampel diambil 2 kelas yaitu kelas X IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan pendidikan karakter dengan strategi inkuiri terbimbing dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol dengan metode diskusi dan tanya jawab. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan dokumentasi serta observasi. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai keterampilan komunikasi siswa dilakukan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,19 dan ttabel 1,99 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendidikan karakter melalui strategi inkuiri terbimbing pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di SMA Negeri 9 Pekanbaru dengan Koefisien Pengaruh sebesar 5,86 %. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Strategi Inkuiri Terbimbing, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Sep 2019 01:26 |
Last Modified: | 05 Sep 2019 01:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/19206 |
Actions (login required)
View Item |