Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PEKANBARU

VIVI NOVILTA (2017) PENGARUH KEAKTIFAN MENGIKUTI LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017860KI.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017860KI.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017860KI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017860KI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017860KI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017860KI.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017860KI.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017860KI.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017860KI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017860KI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017860KI.pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa di SMP Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa sedangkan objek penelitian adalah pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 351 orang. Berhubung populasi cukup besar, maka penulis melakukan penarikan sampel dengan menggunakan rumus Taro Yamane dan pengambilan sampel dengan teknik Random Sampling dengan jumlah sampel 78 orang. Data dikumpulkan melalui teknik angket dan dokumentasi.Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik korelasi regresi linier sederhana. Berdasarkan teknik korelasi regresi linier sederhana dengan dibantu program SPSS 16.00 diperoleh nilai hitung sebesar 0,634. Pada taraf signifikan 5% = 0,217 dan pada taraf 1% = 0,283. Besar persentase pengaruh keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan belajar terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 41,1% sedangkan sisanya 58,9% dipengaruhi oleh variabel lain. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan mengikuti layanan informasi bidang bimbingan belajari terhadap kemandirian belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Kata Kunci: Keaktifan, Layanan Informasi Bidang Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Sep 2019 08:15
Last Modified: 02 Sep 2019 08:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18919

Actions (login required)

View Item View Item