SUCI LESTARI (2017) PERANAN GURU DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENEGAH PERTAMA NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017843PAI.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017843PAI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017843PAI.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017843PAI.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017843PAI.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017843PAI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017843PAI.pdf Download (660kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017843PAI.pdf Download (277kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017843PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (914kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017843PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017843PAI.pdf Download (281kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kampar dan faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kampar dan faktor apa saja yang mempengaruhinya?. Subjek penelitian ini adalah guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kampar. Sedangkan objek penelitian adalah peranan guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kampar yang berjumlah 2 orang. Berhubung jumlah populasi sedikit, maka penelitian ini tidak menggunakan sampel atau seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada tiga, yaitu angket, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh melalui observasi digunakan rumus: F P x 100% . N Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh secara keseluruhan persentase peranan guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Kampar adalah sebesar 75,72% dengan kategori cukup baik, karena berada pada rentang 56%75%. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin baik peranan guru, maka semakin baik motivasi belajar siswa, begitu juga sebaliknya semakin kurang peranan guru dalam memotivasi belajar siswa, semakin kurang motivasi siswa dalam belajar. Faktor penghambat yang dirasakan guru dalam memotivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah kurangnya ketersediaan sarana dan prasarana seperti buku-buku penunjang, infokus dan laptop. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung peranan guru dalam memotivasi belajar siswa adalah siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 02 Sep 2019 05:19 |
Last Modified: | 02 Sep 2019 05:19 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18806 |
Actions (login required)
View Item |