Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN YURIDIS TERHADAP WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KERJASAMA JUAL BELI MADU LEBAH SIALANG DI DESA TELUK PAMAN TIMUR KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

WIDIANA (2018) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP WANPRESTASI DALAM PERJANJIAN KERJASAMA JUAL BELI MADU LEBAH SIALANG DI DESA TELUK PAMAN TIMUR KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER__2018580IH.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN__2018580IH.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK__2018580IH.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR__2018580IH.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI__2018580IH.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I__2018580IH.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II__2018580IH.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III__2018580IH.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV__2018580IH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V__2018580IH.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA__2018580IH.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Penulisan penelitian ini di latar belakangi dengan masih banyakanya pelanggaran yang terjadi dalam perjanjian kerjasama jual beli madu lebah sialang yang ada di Desa Teluk Paman Timur, dimana pihak kedua (pembeli madu) melakukan keterlambatan penjemputan madu yang telah di panen oleh pihak pertama (penjual madu) sehingga madu tersebut di jual oleh pihak pertama (penjual madu) kepada pihak lain. Penelitian ini berlokasi di Desa Teluk Paman Timur Kecamatan Kampar Kiri Kabupeten Kampar Penelitian ini mempunyai rumusan masalah yaitu bagaimana pelaksanaan perjanjian kerjasama jual beli madu di Desa Teluk Paman Timur dan bagaimana penyelesaian masalah dalam perjanjian kerjasama jual beli madu di Desa Teluk Paman Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan perjanjian kerjasama jual beli madu di Desa Teluk Paman Timur Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar danpenyelesaian masalah dalam perjanjian kerjasama jual beli madu di Desa Teluk Paman Timur Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Dalam usaha untuk mendapatkan data yang lengkap, maka penulis menggunakan metode observasi, yaitu penulis melakukan pengamatan secara langsung di lokasi penelitian untuk mendapatkan gambaran secara nyata baik terhadap subjek maupun objek penelitian. Metode pengumpulan data yang kompleks karena melibatkan berbagai faktor dalam pelaksanaannya. Melakukan peninjauan tentang permasalahan yang ada di tempat penelitian sebelum penelitian dilakukan.Wawancara, yaitu bertanya langsung kepada responsden dengan berbagai pertanyaan yang dirancang untuk memperoleh jawaban-jawaban yang relevan dengan masalah penelitian.Sensus, yaitu mengumpulkan data dimana seluruh elemen populasi akan diteliti satu per satu secara keseluruhan tanpa terkecuali dan Kajian pustaka, yaitu metode pengumpulan data yang digunakan peneliti dalam mencari dan mengumpulkan data-data yang mendukung dan menguatkan penelitian yang diadakan. Metode ini dilakukan dengan mengkaji berbagai literatur yang mendukung dan berkaitan dengan objek penelitian. Dalam pelaksanan perjanjian tersebut terdapat beberapa pelangaran yang dilakukan oleh masing-masing pihak yang berjanji. Dimana pihak kedua sebagai pembeli melakukan keterlambatan dalam mengambil dan melunasi barang (madu). Sementara itu pihak pertama sebagai penjual menerima tawaran pembeli lain yang bisa melunasi seluruh pembayaran madu yang ada dan dengan harga yang lebih tinggi. Berdasarkan hasil wawancara yang penulis lakukan penyelesaian masalah ini dilakukan secara kekeluargaan dengan musyawarah oleh kedua belah pihak. Keputusan akhir dari musyawarah adalah pihak kedua tidak mengajukan tuntutan dan sanksi terhadap kelalaian pihak pertama. Pihak kedua hanya menegur pihak pertama karena tindakannya tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Rina Amelia -
Date Deposited: 30 Aug 2019 03:21
Last Modified: 30 Aug 2019 03:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18708

Actions (login required)

View Item View Item