Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEBELAJARAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

GEZA ZULFI MEYLINDA (2017) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SEBAGAI MEDIA PEBELAJARAN UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017801PMT.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017801PMT.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017801PMT.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017801PMT.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017801PMT.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017801PMT.pdf

Download (660kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017801PMT.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017801PMT.pdf

Download (777kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017801PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017801PMT.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017801PMT.pdf

Download (400kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran yang masih menggunakan bahan ajar dan media seadanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi sebagai media pembelajaran yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penggunaan media seadanya masih belum dapat memfasilitasi pemahaman konsep peserta didik. Penelitian yang dilakukan menggunakan media pembelajaran berbasis komputer dengan model game. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi pendidikan media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta 6 peserta didik untuk uji kelompok kecil dan 39 peserta didik untuk uji kelompok terbatas dan objek penelitian adalah game edukasi. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan uji validitas, game edukasi dinyatakan kategori sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 88,58%. Berdasarkan uji praktikalitas, game edukasi untuk kelompok kecil dinyatakan kategori sangat praktis dengan persentase tingkat kepraktisan 86,84%, untuk kelompok terbatas dinyatakan kategori sangat praktis dengan presentase tingkat kepraktisan 88,64%. Dari hasil tersebut mengidentifikasi bahwa game edukasi yang dikembangkan valid dan praktis. Berdasarkan tes pemahaman konsep matematis, game edukasi sudah memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis dengan persentase tingkat penguasaan yaitu 89,80% dinyatakan kategori sangat tinggi. Kata Kunci: Game Edukasi, Media Pembelajaran, Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 Aug 2019 01:45
Last Modified: 27 Aug 2019 01:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18288

Actions (login required)

View Item View Item