SALMAH HIDAYAH, 11217200518 (2017) KORELASI ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTHAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
1. COVER.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (405kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II.pdf Download (561kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III.pdf Download (657kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (946kB) |
||
|
Text
10. BAB V.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (393kB) | Preview |
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan hal yang perlu untuk diteliti dalam hubungannya dengan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar kimia siswa Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru, melalui pengukuran beragam aspek. Data kecerdasan emosional diperoleh dari skor angket dan observasi terhadap siswa, nilai hasil belajar diperoleh dari nilai hasil ulangan kimia siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru, sedangkan objek penelitian adalah korelasi antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar kimia siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dari kelas X.IPA yang berjumlah 20 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kecerdasan emosional yang paling sulit dimiliki siswa adalah aspek mengelola emosi dan aspek yang terlihat paling dominan adalah aspek motivasi diri. Selanjutnya data hasil pengamatan korelasi kecerdasan emosional dengan hasil belajar diuji dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil pengolahan data diperoleh rxy = 0.738 > rt = 0.532, ini berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara variabel kecerdasan emosional dengan hasil belajar kimia siswa kelas X Madrasah Aliyah Hasanah Pekanbaru. Kata kunci : Kecerdasan Emosional, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | maryati - |
Date Deposited: | 23 Aug 2019 09:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2019 09:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/18071 |
Actions (login required)
View Item |