Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI BERNAS KABUPATEN PELALAWAN

WITA SEPTYANA, 11217200135 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN MEDIA HANDOUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI BERNAS KABUPATEN PELALAWAN. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (749kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (545kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI. Untuk itu, dilaksanakan penelitian eksperimen dengan rancangan pretest dan postest untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Instruction dengan media Handout terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri Bernas Kabupaten Pelalawan pada materi hidrolisis garam. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu XI IPA 4 (eksperimen) dan XI IPA 1 (kontrol). Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest, serta dokumentasi. Untuk mengetahui pengaruh penerapan model terhadap hasil belajar digunakan rumus Kp. Perbedaan pengaruh dianalisis dengan t-test sampel related. Hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,038 dan ttabel = 2,004 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak, dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model Problem Based Instruction dengan media Handout terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA Sekolah Menengah Atas Negeri Bernas Kabupaten Pelalawan pada materi hidrolisis garam, dengan pengaruh sebesar 6%. Kata kunci : Problem Based Instruction, Handout, Hasil Belajar, Hidrolisis garam

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 23 Aug 2019 02:45
Last Modified: 23 Aug 2019 02:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17953

Actions (login required)

View Item View Item