Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU

FITRI MEI SAROH (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER MENGGUNAKAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 7 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017636PK.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017636PK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017636PK.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017636PK.pdf

Download (524kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017636PK.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017636PK.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017636PK.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017636PK.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017636PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017636PK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017636PK.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2017 di SMA Negeri 7 Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian non equivalent (pretest and posttest) control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel diambil secara acak dari tiga kelas yang telah diuji homogenitas. Kelas eksperimen yaitu kelas XI IPA 2 dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar, observasi dan dokumentasi. Tes hasil belajar berupa tes objektif berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, kesukaran, dan daya beda. Analisis data pada kedua kelompok menggunakan uji t, diperoleh nilai thitung = 3,4 dan ttabel pada nilai db 69 dan taraf signifikan 5%, = 1.99, maka t hitung> t tabel atau 3,4 > 1,99, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Advance Organizer menggunakan media peta konsep terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi sistem koloid, dengan peningkatan sebesar 14%. Kata Kunci: Advance Organizer, Peta Konsep, Hasil Belajar, Sistem Koloid

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Aug 2019 07:52
Last Modified: 21 Aug 2019 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17869

Actions (login required)

View Item View Item