ARI SURYADI (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERTUKAR SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 005 DESA PADANG LUAS KECAMATAN TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017633PGMI.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017633PGMI.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017633PGMI.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017633PGMI.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017633PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017633PGMI.pdf Download (631kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017633PGMI.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017633PGMI.pdf Download (559kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017633PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (805kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017633PGMI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017633PGMI.pdf Download (336kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penigkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan Strategi bertukar soal kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Desa Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang tidak mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal KKM yang telah di tetapkan sekolah yaitu 70. Penelitianiniadalahpenelitiantindakankelas(PTK).Subjekdalampenelitianin iadalah guru dansiswa kelas V SDN 005 Padang Luas, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran bertukar soal dan hasil belajar.Penelitian inidilaksanakan dalam dua siklus, tiap-tiapsiklus terdiri dari dua kali pertemuan, dengan tahapan, yaitu: perencanaan/persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi.Sedangkan teknikanalisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa penerapan strategi bertukar soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 45% atau 9 orang siswa yang tuntas. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I, hasil belajar siswa terjadi peningkatan dengan rata-rata 60% atau 12 orang siswa yang tuntas. Pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan lagi dengan rata-rata 85% atau 17 orang siswa yang tuntas.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi bertukar soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 005 Desa Padang Luas Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Kata Kunci: StrategiBertukar Soal, Hasil Belajar, IlmuPengetahuanAlam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 07:44 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 07:44 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17860 |
Actions (login required)
View Item |