FERIKA CAHYANI ALLAYLI (2017) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AKTIF TABEL TEBAKAN DAN PERIKSA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NUR IKHLAS KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2017630PGMI.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017630PGMI.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017630PGMI.pdf Download (570kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017630PGMI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017630PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017630PGMI.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017630PGMI.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017630PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017630PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017630PGMI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017630PGMI.pdf Download (366kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V A yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V A Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Kecamatan Tualang Kabupaten Siak pada tahun 2016-2017 dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang, Laki-laki berjumlah 16 orang dan perempuan berjumlah 17 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran aktif tabel tebakan dan periksa untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, adapun pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Berdasaran hasil penelitian analisis data diketahui bahwa hasil penelitian ini menunjukan peningkatan hasil belajar siswa dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan hanya 10 orang siswa (30,3,%) yang nilainya mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 60. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang memperoleh nilai ≥ 60 meningkat hingga 23 orang siswa atau (69,7%), untuk nilai rata-rata kelas mencapai 56,36% dengan kategori “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat hingga mencapai 29 orang atau (87.87%) dengan nilai rata-rata mencapai 81,06% dengan kategori Baik”. Dengan keadaan ini menunjukan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran aktif tabel tebakan dan periksa dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Kata Kunci : Penerapan, metode pembelajaran aktif tabel tebakan dan periksa, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Aug 2019 07:36 |
Last Modified: | 21 Aug 2019 07:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17855 |
Actions (login required)
View Item |