Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA FLANELGRAF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGEAN

DWI OKTALISMONA, 11217204121 (2017) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING MENGGUNAKAN MEDIA FLANELGRAF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KIMIA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PANGEAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (656kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (468kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (653kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan hidrokarbon. Hal ini dikarenakan siswa tidak berani untuk bertanya sehingga sulit dalam menyampaikan pengetahuan yang dimilikinya dalam memahami materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining menggunakan media flanelgraf terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri 1 Pangean pada pokok bahasan hidrokarbon. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas X3 sebagai kelas kontrol dan kelas X4 sebagai kelas eksperimen. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dokumentasi, tes data awal yaitu tes homogenitas dan tes data akhir yaitu pretest dan postest. Dari hasil analisis data awal dan data akhir diperoleh nilai thitung = 2,129 dan ttabel = 2,009 pada taraf signifikan 5%. Nilai thitung> ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif student facilitator and explaining menggunakan media flanelgraf terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kimia kelas X SMA Negeri 1 Pangean pada pokok bahasan hidrokarbon dengan nilai koefisien pengaruh sebesar 8,46%. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif, Student Facilitator And Explaining, Media Flanelgraf, Hasil Belajar, Hidrokarbon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: maryati -
Date Deposited: 20 Aug 2019 02:51
Last Modified: 20 Aug 2019 02:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17656

Actions (login required)

View Item View Item