Ongku Habonaran Siregar (2018) Literasi Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018116TPAI_COVER.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018116TPAI_PENGESAHAN.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018116TPAI_KATA PENGANTAR.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018116TPAI_DAFTAR ISI.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018116TPAI_ABSTRAK.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018116TPAI_BAB I.pdf Download (414kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018116TPAI_BAB II.pdf Download (500kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018116TPAI_BAB III.pdf Download (373kB) | Preview |
|
Text
9. 2018116TPAI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (779kB) |
||
|
Text
10. 2018116TPAI_BAB V.pdf Download (991kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018116TPAI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (334kB) | Preview |
Abstract
Pada abad 21 ini, kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengembangkan kurikulum Literasi. Hal ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara menyeluruh oleh pemerintah untuk menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang warganya literat sepanjang hayat melalui pelibatan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Literasi dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas. Rumusan masalah penelitian, bagaimana Literasi dalam Kurikulum PAI di Sekolah Dasar, Bagaimana Literasi dalam Kurikulum PAI di Sekolah Menengah Pertama, Bagaimana Literasi dalam Kurikulum PAI di Sekolah Menengah Atas. Jenis penelitian ini dalam bentuk penelitian kepustakaan atau Library research yang menggunakan berbagai sumber kepustakaan sebagai sumber data penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan, yaitu mengumpulkan data melalui Undang-undang atau karya tulis ilmiah yang sesuai dengan obyek penelitian. Teknik analisa data menggunakan pendekatan histris –filosofis dan diskriptif- analisis Hasil penelitian, pertama literasi dalam kurikulum PAI SD, mempunyai tiga tahapan yaitu pembiasaan, pengembangan, dan pembelajan. Kemampuan yang ditumbuhkan selain empati siswa, juga diharapkan bercerita dengan buku bergambar, membaca cerita dengan fasih, dan memahami kata cerita. Kedua literasi dalam kurikulum PAI SMP, Kemampuan baca yang ditumbuhkan dalam 15 menit di luar jam belajar, tetap ditindak lanjuti dengan membaca buku pengayaan yang sesuai dengan buku buku jenjang SMP. Ketiga literasi dalam kurikulum PAI SMA, Selain membaca dalam 15 menit di luar jam belajar, tindak lanjutnya dengan membaca buku pengayaan, jurnal, buku buku sesuai jenjang SMA, siswa juga diharapkan mampu memberikan komentar pada jurnal – jurnal yang mereka baca, dan menanggapi isi bacaan buku baik lisan maupun secara tertulis.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 08:29 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 08:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17472 |
Actions (login required)
View Item |