Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KOMPARASI MODEL INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN EKSPERIMEN LABORATORIUM RIIL DAN VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

ASTRI LILIANA SARI (2017) KOMPARASI MODEL INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN EKSPERIMEN LABORATORIUM RIIL DAN VIRTUAL TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2017550PK.pdf

Download (390kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2017550PK.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2017550PK.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2017550PK.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2017550PK.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2017550PK.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2017550PK.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2017550PK.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2017550PK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2017550PK.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017550PK.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh model inkuiri terbimbing menggunakan eksperimen laboratorium riil dan virtual terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi larutan penyangga di Sekolah Menengah Atas Negeri Plus Provinsi Riau tahun pelajaran 2016/2017. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MS 1 sebagai kelas eksperimen I berjumlah 25 siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuri terbimbing menggunakan eksperimen laboratorium riil dan kelas XI MS 4 sebagai kelas eksperimen II berjumlah 25 siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan eksperimen laboratorium virtual. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi dan observasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji t-test komparasi independen. Hasil pengolahan data diperoleh nilai thitung = 2,432 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model inkuri terbimbing menggunakan eksperimen laboratorium virtual lebih baik dibandingkan dengan model inkuiri terbimbing menggunakan eskperimen laboratorium riil pada materi larutan penyangga. Dan besar pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing dihitung menggunakan rumus Koefisien Pengaruh (Kp) sebesar 10,96%. Kata Kunci: Model Inkuri Terbimbing, Laboratorium Riil, Laboratorium Virtual, Keterampilan Proses Sains, Larutan Penyangga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 16 Aug 2019 07:46
Last Modified: 16 Aug 2019 07:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

View Item View Item