IZZATIL MAWADDAH (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF THREE STAY ONE STRAY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER _2017537PGMI.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2017537PGMI.pdf Download (677kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2017537PGMI.pdf Download (465kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2017537PGMI.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2017537PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2017537PGMI.pdf Download (742kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2017537PGMI.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2017537PGMI.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2017537PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2017537PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2017537PGMI.pdf Download (467kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran kooperatif three stay one stray di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai KKM yang sudah ditetapkan sekolah yaitu 80. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 37 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif three stay one stray dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik penelitian deskriptif dan perhitungan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif three stay one stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan diperoleh ketuntasan hasil belajar siswa hanya mencapai 46,43%. Setelah siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 60,71%, dan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 78,57%. Dengan demikian, penerapan pembelajaran kooperatif three stay one stray dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Three Stay One Stray, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 16 Aug 2019 07:10 |
Last Modified: | 16 Aug 2019 07:10 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17448 |
Actions (login required)
View Item |