Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

RANCANG BANGUN APLIKASI CHATBOT BERBASIS AIML DENGAN METODE PATTERN MATCHING (STUDI KASUS : AKADEMIK UIN SUSKA RIAU)

AGUS TRIONO (2017) RANCANG BANGUN APLIKASI CHATBOT BERBASIS AIML DENGAN METODE PATTERN MATCHING (STUDI KASUS : AKADEMIK UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img]
Preview
Text
11. BAB VI.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau merupakan salah satu perguruan tinggi yang terletak dikota Pekanbaru. Penyampaian informasi kepada masyarakat umum, pihak Universitas sudah memanfaatkan teknologi, salah satunya adalah dengan memberikan informasi mengenai Universitas pada website resmi Universitas, Informasi yang tersedia pada web tersebut bersifat umum dan tidak lengkap sehingga mahasiswa harus mencari dari berbagai sumber untuk informasi yang tidak tersedia pada website tersebut sehingga memakan waktu lebih lama dalam mencari informasi tersebut. Masalah tersebut akan diatasi dengan menggunakan agen yang dapat berkomunikasi dengan manusia yang disebut chatbot. Penelitian yang dilakukan ini merupakan pengembangan penelitian sebelumnya tentang chatbot, pada penelitian sebelumnya chatbot memberikan jawaban semakin lama jika terdapat banyak pengetahuan dan pengetahuan yang dimasukkan kedalam basis pengetahuan harus banyak pertanyaan untuk satu jawaban. Agen chatbot pada penelitIan ini dibangun dengan menggunakan metode pattern matching untuk pencocokan pola pertanyaan dengan pengetahuan yang ada sehingga chatbot dapat memberikan respondan dokumen aiml sebagai pengetahuan. Berdasarkan implementasi yang telah dilakukan dan pengujian User Accpetance Test (UAT)dengan memberikan kuisioner tehadap 25 responden didapatkan hasil persentase sebesar 80,66% yang menjawab setuju. Hasil tersebut termasuk kedalam kelas interval sangat baik pada kelas interval pengujian UAT. Katakunci: AIML, Chatbot, Interval, Pattern Matching, User Acceptance Test (UAT)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Ms. Nilam Badriyah
Date Deposited: 16 Aug 2019 02:49
Last Modified: 16 Aug 2019 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17403

Actions (login required)

View Item View Item