Zaydinal Saputra (2018) Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Akhlak Peserta Didik SMA di Kabupaten Kampar. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 2018100TMPI_COVER.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
2. 2018100TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
3. 2018100TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (345kB) | Preview |
|
|
Text
4. 2018100TMPI_DAFTAR ISI.pdf Download (314kB) | Preview |
|
|
Text
5. 2018100TMPI_ABSTRAK.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
6. 2018100TMPI_BAB I.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
7. 2018100TMPI_BAB II.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
Text
8. 2018100TMPI_BAB III.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text
9. 2018100TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (744kB) |
||
|
Text
10. 2018100TMPI_BAB V.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. 2018100TMPI_DAFTAR KEPUSTAKAAN.pdf Download (345kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam sudah terlihat baik, akan tetapi sebagian akhlak peserta didik masih terlihat kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak peserta didik SMA di Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini adalah fiel research dengan pendekatan kuantitatif. Penulis menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi dalam teknik pengumpulan data. Jumlah sampel peneliti sebanyak 94 peserta didik dari tiga SMA di Kabupaten Kampar. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis data regresi linier berganda. Sementara untuk analisis data penulis menggunakan program Statistic Package for Social Science (SPSS) for Windows Release 16.0. Hasil penelitian : (1) analisis deskriptif menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam berada pada kategori Sangat Baik yaitu 85,26 %, kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam berada pada kategori Sangat Baik yaitu 86, 95 %, dan akhlak peserta didik berada pada kategori Baik yaitu 75,78 %. (2) pengaruh kompetensi kepribadian guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak peserta didik SMA di Kabupaten Kampar dengan hasil coefficients (sig. 0,017 < 0,05), berarti pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap akhlak peserta didik terdapat pengaruh signifikan. (3) pengaruh kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak peserta didik SMA di Kabupaten Kampar dengan hasil coefficients (sig. 0,277 > 0,05), berarti kompetensi sosial guru terhadap akhlak peserta didik tidak terdapat pengaruh signifikan. (4) pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak peserta didik SMA di Kabupaten Kampar secara simultan adalah sebesar (sig. 0,000 < 0,05), sehingga disimpulkan bahwa akhlak peserta didik terdapat pengaruh terhadap kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam secara simultan. Dan hasil persentase pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru pendidikan agama Islam terhadap akhlak peserta didik secara simultan dengan hasil koefisien determinasi adalah 0,319 dan dijadikan persentase adalah 31,90 %. Sedangkan sisanya dipengaruhi variabel lain. (5) faktor-faktor yang mempengaruhi akhlak peserta didik, yaitu: peserta didik kurang memotivasi diri dan kemauan berbuat suatu kegiatan positif masih rendah, lingkungan keluarga, masyarakat, dan pergaulan mereka antara sesama peserta didik, baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 08:27 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 08:27 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17380 |
Actions (login required)
View Item |