Abdul Basyid (2018) Upaya Kepala Sekolah Dalam Membentuk Karakter Siswa Di SMP Islam Nadim Malay School Batam. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. 201897TMPI_COVER.pdf Download (552kB) | Preview |
|
|
Text
2. 201897TMPI_PENGESAHAN.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
3. 201897TMPI_KATA PENGANTAR.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
4. 201897TMPI_DAFTAR 1SI.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
5. 201897TMPI_ABSTRAK ABDUL BASYID.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
6. 201897TMPI_BAB I.pdf Download (432kB) | Preview |
|
|
Text
7. 201897TMPI_BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
8. 201897TMPI_BAB III.pdf Download (390kB) | Preview |
|
Text
9. 201897TMPI_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (657kB) |
||
|
Text
10. 201897TMPI_BAB V.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
11. 201897TMPI_DAFTAR PUSTAK.pdf Download (102kB) | Preview |
Abstract
Pemerintah Republik Indonesia telah bekerja keras dalam membentuk karakter siswa melalui berbagai upaya, antara lain melalui Undang-Undang Pendidikan Nasional, namun kenyataannya, upaya tersebut belum berhasil secara maksimal, untuk itu diperlukan upaya lain yang dapat membantu pemerintah mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, upaya inilah yang dilakukan oleh peneliti melalui eksistensi SMP Islam Hang Nadim Malay School Batam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui sistem Full Day School di SMP Islam Hang Nadim Malay School Batam dan faktor pendukung upaya kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui sistem Full Day School di SMP Islam Hang Nadim Malay School Batam dan faktor pendukung upaya kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui sistem Full Day School tersebut serta untuk mengetahui faktor penghambat upaya kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui sistem Full Day School di SMP Islam Hang Nadim Malay School Batam. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini penulis menggunakan instrument pengumpulan data berupa teknik wawancara dan dokumentasi. Instrumen wawancara digunakan untuk memperoleh data tentang upaya kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui sistem Full Day School di SMP Islam Hang Nadim Malay School Batam serta data tentang faktor pendukung dan penghambat upaya kepala sekolah tersebut. Wawancara dilakukan dengan 12 orang responden. Teknik Domumentasi, tujuannya untuk melengkapi data penelitian berupa dokumen-dokumen yang menggambarkan profil sekolah meliputi sejarah ringkas, dokumen yang menggambarkan kualifikasi guru, siswa, sarana dan kurikulum. Berdasarkan instrument pengumpulan data, maka hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: Upaya kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa di SMP Islam Hang Nadim Malay School Batam, telah dilakukan dengan baik, yaitu melalui sistem Full Day School. Sistem Full day School mencakup perencanaan dan implementasi pembelajaran di dalam kelas dan di luar kelas yang terlaksana dengan baik, baik kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Faktor penunjang upaya kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa di SMP Islam Hang Nadim Malay School Batam adalah faktor kepemimpinan kepala sekolah, sumber daya guru serta ditunjang oleh sarana dan prasarana yang cukup. Faktor penghambat upaya kepala sekolah dalam membentuk karakter siswa melalui sistem Full Day School di SMP Islam Hang Nadim Malay School Batam adalah : (1) Dukungan pemerintah daerah yang masih perlu ditingkatkan (2) Dukungan dunia usaha terhadap pengembangan kemajuan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 15 Aug 2019 07:55 |
Last Modified: | 15 Aug 2019 07:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/17360 |
Actions (login required)
View Item |