RESY KUMALA SARI (2018) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA UKM ROMAN INDAH MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN METODE QSPM (QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX)(Studi Kasus: UKM Mandiri “RomanIndah”). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018152TIN.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018152TIN.pdf Download (673kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018152TIN.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
4. KATA PENGANTAR_2018152TIN.pdf Download (346kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018152TIN.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018152TIN.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018152TIN.pdf Download (884kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018152TIN.pdf Download (466kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB IV_2018152TIN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
10. BAB V_2018152TIN.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) |
||
|
Text
11. BAB VI_2018152TIN.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA_2018152TIN.pdf Download (240kB) | Preview |
Abstract
UKM Mandiri “Roman Indah” merupakan sebuah usaha kecil dan menegah yang bergerak dalam bidang produksi berbagai macam tas,yang terletak di Jalan Raya Puskopkar No.04 Pandau Permai Kampar. Permasalahan yang sering dihadapi oleh perusahaan diantaranya adalah tingkat penjualan mengalami penurunan yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Salah satu faktor internal yaitu akibat kurangnya promosi (pemasaran dilakukan melalui komunikasi dari mulut ke mulut) untuk pengembangan usaha, dan lokasi pemasaran tidak strategis. Sedangkan faktor eksternal adalah banyaknya merek-merek tas yang lebih mempunyai nama terkenal serta banyaknya penjualan tas-tas atau pesaing yang ada di Pekanbaru. Permasalahan lain yang didapat sementara dari data penjualan yang turun dikarenakan kurang promosi, ekonomi masyarakat menurun, lokasi pemasaran tidak strategis dan tidak memasarkan produk tas ke pasar-pasar atau pedagang pasar sehingga pelanggan tidak mengetahui tentang produk dari Roman Indah. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang terjadi maka perlu strategi pemasaran tas di UKM Mandiri Roman Indah secara faktor lingkungan eksternal dan internal untuk menetapkan alternatif strategis pemasaran yang sesuai atau terbaik dengan menggunakan metode SWOT yang mencakup matriks IFE (Internal Factor Evaluation) EFE (Eksternal Factor Evaluation) dan matriks IE serta dengan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Berdasarkan analisis matriksIFE diperoleh total skor yang dimiliki UKM sebesar 2,433, sedangkan analisis matriks EFE sebesar 2,993. Hasil yang diperoleh dari matriks IE yaitu UKM berada pada sel V yang artinya strategi menjaga dan mempertahankan. Matriks SWOT menghasilkan 8alternatif strategi yang dapat dipilih oleh UKM. Berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan dan diprioritaskan adalah menciptakan dan mengembangkan produk dengan variasi yang baru dengan skor TAS sebesar 5,782.Kata Kunci :Matriks IE,Matriks IFE EFE, Matriks QSPM, Matrik SWOT, Pemasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | Ms. Nilam Badriyah |
Date Deposited: | 24 Jul 2019 07:32 |
Last Modified: | 24 Jul 2019 07:32 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/16741 |
Actions (login required)
View Item |